Upaya dalam menjamin validitas dan akurasi DPB. Bawaslu Bangka Selatan Lakukan Uji Petik di 4 Desa dan 4 Kecamatan

Upaya dalam menjamin validitas dan akurasi DPB. Bawaslu Bangka Selatan Lakukan Uji Petik di 4 Desa dan 4 Kecamatan

Spread the love

Bawaslu Bangka Selatan telah melaksanakan Uji petik (Sampling) selama 2 hari terhadap Hasil Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) pada Rabu (29/9) hingga kamis (30/9) yang dilaksanakan pada Desa Delas Kecamatan Airgegas, Desa Sukajaya Kecamatan Pulau Besar, Desa Nadung Kecamatan Payung dan Desa Jelutung II Kecamatan Simpang Rimba.

Pada pelaksanaan uji petik tersebut, Bawaslu Bangka Selatan hendak memastikan bahwa Daftar Pemilih Berkelanjutan Hasil Pemutakhiran KPU Bangka Selatan benar – benar akurat dan juga data tersebut absah (Valid) sesuai dengan apa yang ada dilapangan.

Koordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Hubal Bawaslu Bangka Selatan, Azhari mengatakan Bahwa Bawaslu Bangka Selatan beroptimal dalam meningkatkan Kualitas dari DPB sebagaimana yang telah dimutakhirkan oleh KPU Bangka Selatan yakni dengan cara memastikan bahwa data – data pemilih yang terdapat didalam DPB itu sudah Valid maupun datanya akurat sebagaimana sesuai dengan fakta dilapangan.

“Kami Bawaslu Bangka Selatan sangat – sangat mengoptimalkan seluruh upaya kami dalam meningkatkan kualitas dari DPB itu sendiri. Sebagaimana upaya tersebut, kami lakukan dengan cara memastikan langsung di lapangan dengan melakukan Uji petik (sampling) bahwa data – data pemilih yang terdapat di dalam DPB yang telah dimutakhirkan oleh KPU Bangka Selatan yakni valid dan juga akurat”. Ungkap Azhari.

Tambah Azhari “Uji Petik yang kami laksanakan tersebut hendak memastikan benar atau tidaknya status dari pemilih – pemilih yang telah masuk dalam kategori tidak memenuhi syarat (DPB) seperti halnya Meninggal Dunia, Pindah Domisili, alih status TNI/Polri dan juga terhadap kategori Pemilih baru yang terdapat didalam DPB hasil pemutakhiran KPU Bangka Selatan, sesuai dilapangan dengan mendatangi setiap kantor Desa guna memastikan bahwa penduduk tersebut benar warga Desa yang bersangkutan berikut dengan kategorinya pada DPB. Adapun lokus yang menjadi sample kami dalam melaksanakan uji petik tersebut yakni, Desa Delas Kec. Airgegas, Delas Sukajaya Kec. Pulau Besar, Desa Nadung Kec. Payung dan Desa Jelutung II Kec. Simpang Rimba”.

Berdasarkan hasil Uji Petik Bawaslu Bangka Selatan terhafap Daftar Pemilih Berkelanjutan terhadap sample data pemilih kategori TMS sebanyak 9 pemilih meninggal dunia, 15 pemilih pindah domisili dan 3 pemilih baru tersebar di 4 Desa yang menjadi lokus uji petik Bawaslu Bangka Selatan pada rabu (29/9) hingga kamis (30/9) diketahui bahwa sample data tersebut valid dan akurat sebagaimana yang ditemukan dilapangan.

Penulis : Dede Kirana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *