Jelang Pesta Demokrasi 2024, ini Strategi Bawaslu

Jelang Pesta Demokrasi 2024, ini Strategi Bawaslu

Spread the love

Toboali – Jelang pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Provinsi Bangka Belitung (Babel) melaksanakan rapat penguatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam penyelesaian sengketa proses pemilu, Jum’at (24/6/2022).

Kegiatan ini dipusatkan di Kantor Sekretariat Bawaslu Basel, dihadiri Kepala Bagian (Kabag) P3SH Bawaslu Provinsi Babel Yaumil Ikrom, anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Basel, serta anggota Bawaslu Provinsi Babel yang bergabung melalui via zoom meeting.

Anggota Bawaslu Kabupaten Basel Erik menjelaskan, kegiatan tersebut sangat penting dalam memberikan penguatan kapasitas SDM terkait penyelesaian sengketa proses pemilu. Mengingat staf Bawaslu di kabupaten yang membidangi penyelesaian sengketa tidak mencukupi. Oleh karena itu, lanjutnya, untuk mengantisipasi persoalan SDM juga melibatkan staf dari divisi lain untuk membantu dalam hal proses penyelesaian sengketa nantinya.

“Sehingga dirasa perlu mendapatkan pengetahuan aturan, maupun kemampuan dalam melaksanakan tugas-tugas sebagai supporting sistem pada proses mediasi maupun adjudikasi. Selain itu, SDM juga akan diperkuat dengan simulasi sidang mediasi dan adjudikasi,” kata Erik.

Sementara Anggota KPU Kabupaten Basel Muhidin mengajak peserta pemilu untuk melaksanakan tahapan dengan baik sesuai dengan peraturan sehingga tidak terjadi permohonan sengketa proses pemilu.

Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Provinsi Babel Firman Pardede mengapresiasi kegiatan penyelesaian sengketa yang diselenggarakan Bawaslu Kabupaten Basel.

“Hal ini dilakukan untuk mengupgrade kapasitas SDM menjelang Pemilu 2024 dan kesigapan Bawaslu dalam menerima permohonan sengketa dari peserta pemilu,” jelas Firman.

Penulis : Suliyanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *