Lompat ke isi utama

Berita

BAWASLU KABUPATEN BANGKA SELATAN PERKUAT PENGAWASAN DENGAN POS KEAMANAN PEMILU (POSKAMLU)

TOBOALI – Bawaslu Kabupaten Bangka Selatan melakukan kegiatan “ pos keamanan pemilu (POSKAMLU) “dinilai dapat mendorong terwujudnya suasana yang kondusif bagi penyelenggaraan pemilu yang aman, damai, tertib dan lancar. Disamping pengawasan oleh pengawas pemilu, kegiatan ini dapat melibatkan masyarakat dalam melakukan pengawasan pemilu untuk mengawal hak pilihnya. Kemudian, kegiatan ini juga merupakan upaya kontrol dari publik untuk menjaga dan mengawal penyelenggaran pemilu. Dengan adanya kegiatan atau keikutsertaan masyarakat baik secara individu atau kelompok dalam proses mengawal dan mengawasi proses pemilu akan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pemilu, dan meningkatkan partisipasi pemilih dalam pemilu.

Mendekati hari pemungutan suara 17 April 2019 mendatang, suhu politik semakin memanas dan arus politik semakin deras sudah sangat terasa. Untuk menggiring situasi politik yang positif dan menjaga keadaban berpolitik Bawaslu Kabupaten Bangka Selatan akan membentuk Pos Keamanan Pemilu (POSKAMLU).

Tujuan kegiatan pos keamanan pemilu terbagi menjadi dua yaitu pertama, Tujuan Umum

Untuk mendorong terwujudnya suasana yang kondusif bagi penyelenggaraan pemilu yang aman, damai, tertib dan lancar yang kedua, Tujuan Khusus Mencegah terjadinya pelanggaran pemilu seperti politik uang, pengrusakan alat peraga kampanye dan black campaign. Pelaksanaan Kegiatan ini secara teknis sepenuhnya di serahkan kepada Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan/Desa se-bangka Selatan dengan melibatkan Babinkamtibmas, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan Tokoh Pemuda yang ada didesa setempat.

Tag
Uncategorized