Bawaslu Basel Gelar Rapat Pemantapan Tindak Lanjut PSAP

Bawaslu Basel Gelar Rapat Pemantapan Tindak Lanjut PSAP

Spread the love

Tobolai – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) dalam melaksanakan proses penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa pemilu gelar Rapat Pemantapan Tindak Lanjut Penyelesaian Sengketa AntarPeserta (PSAP) di Ruang Rapat Bawaslu Basel, Senin (16/10/2023).

Kegiatan ini bertujuan sebagai bentuk tindak lanjut simulasi PSAP yang telah digelar pada Kamis 12/10/2023 di Grend Marina Hotel Toboali untuk lebih ke arah praktek lapangan agar panwascam siap dalam menghadapi sengketa AntarPeserta.

Amri.R Selaku Ketua Bawaslu Bangka Selatan mengatakan kegiatan simulasi pada hari ini pada prinsipnya sangat penting dilakukan guna menambah energi bagi Jajaran Panwascam dalam Penyelesaian Sengketa AntarPeserta yang mungkin terjadi pada proses Tahapan Pemilu.

“Saya berharap dari tindak lanjut ini Jajaran Panwascam dapat mengimplementasikan materi dan praktek di wilayah hukumnya” Harap Amri.

Senada dengan Amri.R, Azhari Selaku Kordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Basel mengatakan bahwa penguatan kelembagaan dalam penanganan pelanggaran dan penyelesain sengketa dipandang perlu untuk lebih memantapkan mengenai kesiapan rekan rekan panwascam.

“Saya memandang rekan rekan panwascam sudah harus praktek tidak lagi soal materi dalam penanganan pelanggaran di tingkat kecamatan”

Selain itu, Azhari juga menambahkan secara prinsip PSAP ditingkat kecamatan lebih dari penertiban Administrasi maka dengan persiapan SDM ini harus diberikan penguatan kelembagaan supaya siap dalam menghadapi ketika terjadinya sengketa antar peserta pemilu.

“Sebagai hakim kawan kawan dimasing masing kecamatan ketika ada persoalan sengketa pemilu dan kedepan jajaran panwascam harus lebih rapi karena dalam pemilu ada yang namanya sengketa cepat”.¬†Tegas¬†Azhari

Penulis : Budi Hartono
Foto : Budi Hartono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *