Bawaslu Basel Bekali Ratusan Pelajar SMA dengan Pengawasan Partisipatif Pemilu

Bawaslu Basel Bekali Ratusan Pelajar SMA dengan Pengawasan Partisipatif Pemilu

Spread the love

Toboali – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) menggelar sosialisasi pengawasan Pemilu partisipatif bersama ratusan pelajar SMA kamis (15/12/2022).

Kegiatan yang dilaksanakan di Grend Marina Toboali ini dibuka oleh Anggota Bawaslu Babel Bidang Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat, Sahirin.

Dalam sambutannya mantan ketua Bawaslu Basel ini menyebutkan pengawasan partisipatif bagi pelajar SMA Basel merupakan pengenalan awal bagi siswa tentang bentuk-bentuk pengawasan pada tahapan Pemilu tahun 2024.

Sementara itu, Bawaslu Basel Divisi Penanganan dan Penyelesaian Sengketa, Erik menjelaskan program ini kembali digelar karena pada tahun 2019 lalu Bawaslu Basel meraih predikat tiga nasional berkat inovasi pencegahan yang melibatkan kaum pelajar ini.

Nantinya, ratusan pelajar Basel ini akan dijadikan sebagai agen pengawasan minimal di keluarga serta lingkungan sekolah.

“Selanjutnya, para pelajar ini nantinya akan menjadi agen pengawasan yang mungkin nanti panwaslu kecamatan yang akan menindaklanjutinya. Dan dengan pembekalan awal tadi mereka kita harapkan sudah dapat menyosialisasikan tentang pengawasan partisipatif minimal di lingkungan kelurga dan sekolah.” kata erik.

Sosialisasi ini menghadikan tiga narasumber yaitu Kacabdin Babel, Wahyudi, Ketua KNPI Basel, Agam Primadi dan Ketua PWI Basel Dedy Irawan.

Ketua Bawaslu Basel, Azhari dalam penutupan sosialisasi mengatakan para pelajar rencananya akan dilibatkan langsung dalam pengawasan tahapan Pemilu yang dilakukan oleh Panwaslu Kecamatan.

Selain itu, kedepan Bawaslu Basel berencana menggelar kegiatan Pengawasan yang bertajuk literasi demokrasi.

“Mungkin kegiatan ini sangat menarik. Para peserta pelajar akan mendapat dua goal dalam kegiatan ini. Pertama Pengawasan Partisipatifnya dan yang kedua adalah literasinya. ini akan kita pikirkan kedepan.” tutupnya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Anggota Bawaslu Divisi Hukum, Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat, Ferry dan Kepala Sekretariat, Yudi Arista.

Penulis : Budi Hartono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *